demo makassarAksi demonstrasi mahasiswa di makassar yang memperingati Hari Antikorupsi se-dunia, Kamis, 9 Desember, tercoreng. Ulah anarkis demonstran dari berbagai perguruan tinggi menyebabkan masyarakat terkena imbasnya.

Para demonstran yang melakukan aksinya sembari menutup jalan, sangat menyengsarakan masyarakat. Selama tujuh jam, sejak pukul 11.30 hingga 18.30 Wita, masyarakat telantar di jalan. Ini dipicu penutupan jalan serta bentrok di depan kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Jalan Urip Sumoharjo. Ada apa sebenarnya dengan mahasiswa Makassar…?? pertanyaan inilah yang menghantui benak saya pribadi sehingga membuat postingan ini.

Saya sebagai mahasiswa juga merasa kecewa dengan tindak anarkis kawan-kawan yang sering terjadi di kota ini. Tapi tolong kepada masyarakat jangan beranggapan semua mahasiswa bersifat sama, karena adapula mahasiswa yang tidak terlibat dalam aksi yang sama turut menanggung akibatnya.

Demo di makassar semakin hari semakin kampungan, karena buat apa ada demokrasi jika menyengsarakan masyarakat..?? bagaimana tidak imbas bentrokan itu menyebabkan kemacetan total di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Perintis Kemerdekaan, Racing Centre, Abdullah Daeng Sirua, Batua Raya, dan Jalan Adhyaksa. Arus kendaraan mulai normal sekira pukul 19.00 Wita.

Kemacetan total itu memaksa sejumlah penumpang angkutan kota (petepete) terpaksa berjalan kaki beberapa kilometer. Malah, ada seorang pria tua terpaksa berjalan kaki dari Jalan Antang Raya ke Urip Sumoharjo, lantaran sulitnya kendaraan melintas.

Sejumlah warga mengeluhkan aksi mahasiswa yang anarkis saat berdemo. Pasalnya, aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Ada beberapa orang tua yang kesulitan menjemput anaknya pulang sekolah, lantaran jalan diblokade.

tapi kita harus melihat juga dari sisi lain karena demo yang ricuh bukan hanya di Makassar lho, tuh di daerah lain juga, jangan2 itu memang karakter orang2 di negara ini?

mahasiswa kadang melakukan hal ini untuk menarik perhatian pemerintah, dimana ada pertimbangan :

  1. Jika tidak membuat sensasi seperti tutup jalan atau anarkis biasanya tidak diliput oleh media
  2. Kondisi Makassar yang jauh dari ibukota negara, sehingga untuk mendapatkan perhatian pemerintah mereka melakukan hal tersebut

Walaupun demo Mahasiswa Makassar banyak dikecam oleh masyarakat, tetapi masyarakat juga tidak sadar akan jangka panjang aksi demo mahasiswa tersebut berbuah positif, walau pada awalnya melakukan tindakan negatif.

Saya pribadi sangat setuju demo mahasiswa jika hal itu menyangkut kepentingan masyarakat dan kemaslahatan bangsa kita. cuma tekniknya mungkin harus dirubah, mahasiswa harus melihat kondisi kalau mau memblokir jalan, ada baiknya disampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tau  dan harus mencari jalan alternatif. Selain itu polisi lalulintas juga harus bertindak cepat mengatur lalu lintas dengan baik.

Atau mahasiswa harus mencari ide kreatif untuk berdemo selain anarkis dan menutup jalan. Karena dengan begitu mahasiswa akan memperoleh simpati, dan bukan antipati dari masyarakat.

saranku buat teman-teman mahasiswa berbuatlah selalu yang terbaik bagi bangsa kita dengan menjadi sosial kontrol serta agen of change dengan memperhatikan masyarakat yang ada disekitar kita..

sumber gambar : klik disini

About these ads